VISI DAN MISI KABUPATEN SANGGAU TAHUN 2009 SD 2014

VISI DAN MISI

3.1. Visi

Visi adalah gambaran kondisi masa depan yang diinginkan, sehingga merupakan cita-cita yang diharapkan dapat tercapai. Visi yang dimaksud dalam dokumen RPJMD Kabupaten Sanggau ini merupakan cita-cita pembangunan daerah yang ingin dicapai dalam jangka menengah. Visi Pembangunan daerah ini menjadi kerangka kerja segenap pemangku kepentingan dalam pembangunan di Kabupaten Sanggau.

Secara garis besar, perencanaan pembangunan mempunyai tugas mengumpulkan dan memproses informasi dari tingkat yang lebih bawah. Dengan demikian setiap Badan dan Dinas yang berwenang harus secara serempak  atau simultan terlibat dalam memadukan dua gugus kekuatan, yang kadang-kadang tidak selaras bahkan bertentangan. Visi dari instansi pemerintah tersebut perlu ditanamkan pada seluruh unsur organisasi sehingga menjadi (milik) bersama yang pada gilirannya akan mampu menggerakkan dan mengarahkan segala sumber daya pemerintahan Kabupaten Sanggau guna meraih cita-cita bersama.

Visi Kabupaten Sanggau yang ingin dicapai adalah :

SANGGAU BANGKIT DAN TERDEPAN

Bangkit dan Terdepan mengandung makna tekad pemerintah beserta seluruh komponen masyarakat untuk menjadikan daerah Kabupaten Sanggau yang berbatasan langsung dengan Negara tetangga Sarawak (Malaysia) sebagai beranda depan rumah NKRI yang hidup saling berdampingan, saling menunjang, berkiprah positif dalam membangun kehidupan keluarga, kehidupan masyarakat dan kehidupan bernegara secara harmonis, tertib, aman dan penuh semangat kebersamaan, memulihkan kembali perekonomian untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang lebih baik, perluasan kesempatan kerja dan berusaha, serta mewujudkan kesejahteraan serta keadilan bagi masyarakat Sanggau.

Dengan kemampuan tersebut dapatlah tercapai tujuan pembangunan yang diharapkan pada Kabupaten Sanggau melalui:

  1. Peningkatan standar hidup (levels of living) setiap orang, baik pendapatannya, tingkat konsumsi pangan, sandang, papan, pelayanan kesehatan, pendidikan, dan bidang lainnya;
  2. Penciptaan berbagai kondisi yang memungkinkan tumbuhnya rasa percaya diri (self-esteem) setiap orang;
  3. Peningkatan kebebasan (freedom/ democracy) setiap orang.

3.2. Misi

Misi adalah pola sikap dan pradigma pemikiran yang harus diemban dalam rangka mewujudkan visi yang telah ditetapkan. Misi Kepala Daerah Kabupaten Sanggau mempelihatkan secara jelas tahapan yang penting dalam proses pembangunan di Kabupaten Sanggau.

Untuk mewujudkan Visi “Sanggau Bangkit dan Terdepan” Kepala Daerah/Bupati Kabupaten Sanggau terpilih telah merumuskan 12 (dua belas) pernyataan Misi sebagai berikut:

  1. Memperkuat dan memperbaiki Perencanaan Daerah, Data Base Kabupaten Sanggau, RTRWK dan Penataan Lahan Desa.
  2. Mereposisi kebijakan daerah yang berorientasi kepada ekonomi kerakyatan, harmonisasi investor, rakyat dan buruh/ karyawan.
  3. Melakukan Pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan yang terencana dan terukur sesuai dengan prioritas, pemerataan sampai pada tingkat perdesaan.
  4. Mereposisi kebijakan perkebunan berskala investasi dan melakukan gerakan pengamanan investasi yang ada dengan prinsip kerakyatan dan keadilan.
  5. Mereposisi kebijakan pendidikan dan kesehatan melalui peningkatan kesejahteraan guru/ paramedis untuk kesejahteraan masyarakat, pendidikan dan kesehatan yang dibiayai pemerintah Kabupaten, perbaikan infrastruktur dan mutu pendidikan/ kesehatan.
  6. Melakukan reformasi birokrasi publik dalam rangka menciptakan organisasi pemerintahan yang bersih, solid dan efektif.
  7. Pengembangan ketahanan pangan keluarga melalui diversifikasi usaha pertanian/perkebunan/peternakan yang berbasis rumah.
  8. Pengembangan usaha mikro produktif dan investasi dalam rangka meningkatkan pendapatan / keuangan masyarakat, memperkuat usaha produktif secara partisipatif / kerakyatan.
  9. Pengembangan keuangan daerah dalam rangka pembiayaan kegiatan sosial ekonomi masyarakat yang berkelanjutan.
  10. Menggali sumber-sumber keuangan daerah dengan memetakan potensi dan mendorong kegiatan prekonomian yang berdampak tidak langsung (multiplayer effect) terhadap pencapaian hasil-hasil pembangunan.
  11. Percepatan pembangunan wilayah perbatasan yang sinergis, terukur dan berkelanjutan pada kawasan cepat tumbuh dan tertinggal.
  12. Penataan Ibukota Kabupaten dan Penanganan Sampah Perkotaan.

Keduabelas misi yang disampaikan oleh Bupati terpilih 2009-2014 diperkuat dan dibungkus dengan penguatan program keagamaan untuk mempertebal iman dan taqwa masyarakat Kabupaten Sanggau yang multi etnis dan multi agama.

Perihal sosbudbappedasanggau
Kepala Bidang Sosial Budaya Bappeda Kab Sanggau

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: